Komunikasi adalah suatu hal yang terpenting dalam semua bidang. Didalam organisasi komunikasi yang baik sangat diperlukan, karena jika komunikasi tidak berjalan dengan baik maka segala sesuatu yang dijalankan dalam organisasi tidak dapat terpenuhi bengitu pula dengan tujuan organisasi yang akan memakan waktu yang lebih lama apabila setiap anggota tidak dapat memahami komunikasi satu sama lain. Komunikasi digolongkan menjadi 5 golongan yaitu:
- Komunikasi lisan dan tertulis,
- Komunikasi lisan adalah komunikasi secara langsung jadi informasi yang diterima juga langsung.
- Komunikasi tertulis adalah komunikasi yang disampaikan melalui tulisan seperti surat, email atau perantara orang lain. Tidak secara langsung.
2. Komunikasi verbal dan non verbal
- Komunikasi verbal adalah komunikasi yang disampaikan langsung dengan suara seperti komunikasi lisan.
- Komunikasi non verbal adalah komunikasi yang disampaikan secara fisik atau gerakan seseorang yang menyesuaikan dengan tujuan informasi yang ingin disampaikannya atau sesuai dengan apa yang sedang dia rasakan.
3. Komunikasi kebawah, keatas, dan kesamping
- Komunikasi kebawah adalah komunikasi yang mengalir dari manajemen yang paling atas lalu sampai kemanajemen dibawahnya hingga kekaryawannya.
- Komunikasi keatas adalah komunikasi yang mengalir dari manajemen paling bawah atau karyawan kemanajemen paling atas untuk mengetahui rencana kerja atau sekedar mencari informasi.
- Komunikasi keasmping adalah komunikasi yang mengalir diantara dua manajemen yang sama jabatannya untuk saling menukar informasi atau sekedar merencanakan rencana kerja.
4. Komunikasi formal dan informal
- Komunikasi formal adalah komunikasi yang dilakukan secara formal atau resmi dan terstruktur
- Komunikasi informal adalah komunikasi yang dilakukan secara tidak terstruktur atau tidak terorganisir.
5. Komunikasi satu arah dan dua arah
- Komunikasi satu arah adalah komunikasi dengan satu tujuan yaitu hanya sekedar memberikan informasi tanpa meminta adanya partisipasi dari pihak-pihak yang mendapatkan informasi tersebut.
- Komunikasi dua arah adalah komunikasi dengan tujuan memberikan informasi dan juga menuntut pihak yang mendapat informasi untuk berpartisipasi menanggapi informasi yang telah didapat.
Jaringan Kerja Komunikasi
- Jaringan kerja rantai, jaringan kerja rantai dialirkan dari manajemen paling atas hingga manejemen paling rendah.
- Jaringan kerja lingkaran, jaringan kerja lingkaran adalah jaringan komunikasi dimana setiap anggotanya tidak memiliki ikatan apapun dengan anggota lain sehingga untuk berkomunikasi dapat dilakukan secara langsung tanpa ada batasan atau penghubung.
- Jaringan roda jaringan kerja yang memiliki penghubung untuk saling berkomunikasi. Jaringan roda memiliki suatu kelompok khusus untuk mengatur bagian komunikasi antar anggota lalu kemudian baru akan disampaikan keanggota jadi informasi tidak dapat dilakukan secara langsung.
- Jaringan kerja tanpa saluran, jaringan kerja yang menjamin setiap anggotanya dapat berkomunikasi tanpa penghubung atau perantara-peranta lainnya.
Saran Komunikasi
Komunikasi adalah kunci utama dalam segala bidang khususnya didalam organisasi yang melibatkan dua atau lebih orang. Dimana akan lebih membutuhkan saran komunikasi seperti berikut:
- Pemahaman
- Perhatian
- Penerimaan
Pertanyaan:
1. Bagaimana cara mengatasi komunikasi yang terjadi antara anggota yang pasif dan anggota yang aktif?
Jawab:
Semua anggota harus bermusyawarah agar dapat saling memahami bagaimana cara berkomunikasi antara satu sama lain.
2. Apakah jenis-jenis komunikasi yang paling efisien?
Jawab:
Jenis komunikasi saluran total, karena komunikasi ini menjamin tidak menggunakan penghubung atau perantara sehingga komunikasi akan berjalan dengan lancar tanpa ada yang harus ditutup-tutupi kepada pihak perantara karena informasi yang disampaikan akan disampaikan langsung kepada penerima informasi.
3. Sebutkan jaringan komunikasi yang paling efisien untuk diterapkan!
Jawab:
Jaringan komunikasi lingkaran karena tidak adanya penghubung atau perantara jadi informasi yang disampaikan akan secara langsung sampai kepada pihak yang menerima informasi.
4. Bagaimana cara memecahkan masalah hambatan komunikasi dalam organisasi?
Jawab:
Menyusun masalah dengan rinci agar dapat mengetahui masalah apa yang menjadi hambatan dan meminta anggota untuk ikut berpartisipasi agar komunikasi dapat berjalan lancar kembali.
5. Upaya agar organisasi menjadi lebih eksis dan mampu menjalani fungsinya secara optimal?
Jawab:
Mempererat komunikasi antara manajemen atas kemanajemen bawahan. Dan memperluas komunikasi kedunia luar agar keberadaaan organisasinya tetap eksis dan diakui keberadaannya oleh masyarakat sekitar.
6. Berikan contoh kasus masalah komunikasi dalam kehidupan sehari-hari!
Jawab:
Dalam organisasi biasanya terdapat missunderstanding atau kesalahpahaman, masalah ini berawal dari cara komunikasi antar anggota yang tidak baik atau tidak lancar maka itu terjadi masalah didalam organisasi.
7. Apakah faktor utama yang menghambat suatu komunikasi dalam kehidupan sehari-hari?
Jawab:
Faktor utama penghambat komunikasi biasanya emosi dan juga ego dari masing-masing anggota sehingga tidak ada yang mau mengalah.
0 comments:
Posting Komentar